Menangkap Masalah Sosial

Informatika sosial merupakan salah tema bahasan yang menarik baik untuk perkuliahan atau project sosial yang mencoba menggunakan potensi TIK untuk menyelesaikan permaslaahan di masyarakat. Tidak harus dengan teknologi atau pendekatan canggih, memanfaatkan potensi TIK semaksimalnya dan dengan meminimalkan resiko yang mungkin muncul ditambah dengan implementable bagi kelompok masyarakat tertentu menjadi kunci penting untuk tercapainya tujuan informatika sosial. Pada semester ini, saya mendapat kesempatan untuk mengampu matakuliah informatika sosial bagi kelas reguler prodi ilmu komputer UGM. seperti mata kuliah yang sering saya ampu lainnya, saya suka sekali untuk berinovasi dan ber-eksplorasi baik dari penyajian materi yang update (meski kadang harus melewati buku literatur), penugasan yang di luar mainstream (dengan tujuan agar mahasiswa tidak kaku dan bosan), dan sedikit nekad dengan inovasi.

Pada mata kuliah ini saya memfokuskan bahasan sejak awal pada konsep HIGH IMPACT SOCIAL PROJECT. Tujuannya simple mengajak mahasiswa berfikir kritis tentang fenomena sosial disekitarnya, diajak berdiskusi dan membuahkan ide gerakan kecil untuk menginisiasinya terselesaikannya permasalahan sosial tersebut. Mata kuliah yang hanya saya ampu setengah semester ini diakhiri dengan pembuatan 2 buah poster yaitu poster yang menghighlight permasalahan sosial dan poster yang membahas bagaimana menyelesaikannya. Target utamanya adalah mencoba membangun daya kritis mahasiswa dan menuangkannya dalam sebuah “product” yang bisa dikonsumsi masyarakat umum.

Informatika sosial sebenarnya merupakan serba-serbi yang ada disekitar kita saja. Dari interaksi antar manusia di sebuah komunitas, grup, masyarakat hinggan interpolasi pribadi yang mencoba mengarah pada pencitpaan value yang bermanfaat. Yang Kedua informatika sosial lebih kearah management terhadap impact yang ditimbulkan penerapan TIK dalam kehidupan sehari-hari pada multidimensi kehidupan. Yang ketiga menggunakan TIK untuk keperluan mengali permasalahan dari sekumpulan data dan menyajikan peluang pemecahannya.

Ada banyak yang bisa di capture dari aktivitas mahasiswa kelas informatika sosial ini, berikut beberapa