Melihat 360 derajat

Data berupa angka, statistik dan lainnya dimaknai sebagai informasi yang ditampilkan setelah suatu pemrosesan untuk melaporkan kondisi event pada saat tersebut.

Tetapi pada analisis data khususnya big data, maka data tidak hanya dimaknai satu arah/dimensi, tetapi dapat dimaknai berbagai perspektif bahkan 360 derajat. Contoh kondisi cases COVID-19 di Indonesia per hari ini adalah 579 kasus. Maka akan ada yang memaknai angka yang sangat besar, pertumbuhannya cepat, masih kecil dibanding komunitas cases dunia, hanya sekian persen dari penduduk Indonesia, masih mencukupi kapasitas bed di rumah sakit dan seterusnya. Semuanya sah-sah saja…tetapi menyediakan perspektif 36o derajat ini menjadi penting untuk mengetahui pada sudut mana kita akan merespon setelah tahu makna/insight dari data tersebut. maka tanggungjawab seorang peneliti dan data scientist mencarikan sudut pandang derajat yang netral tapi mendukung proses kebaikan di masa depan.

Sama dengan menjalankan movement di covid19.gamabox.id , sudut pandang pertama mungkin menyambut baik, sisi lain wah ini ajang pamer, promosi, jualan, atau afiliasi politik tertentu. Tidak bisa disalahkan karena masing-masing punya mata sendiri-sendiri. Tentu unutk bisa menunjukkan sisi mana yang ideal dari inisiator atau timnya adalah lihatlah prosesnya, bagaimana ini digerakan, bagaimana ini dijalankan, dan motivasi yang tanpa pamrih menurut saya, kalau belum bisa coba rasakan dengan hati yang paling dalam saja…kalau ada bisikan bahwa ini kebaikan, yakinlah pada itu, tapi kalau dikepala berkecamuk hal-hal hasutan negatif, mungkin virus corona sebenarnya itu ya hal tsb.

Apapun itu, sebagai peneliti dan data scientist perjalanan untuk menunjukkan sudut pandang terbaik harus dan harus tetap dijalankan. Karena membawa setitik api di hutan belantara memang tidak akan tampak, tapi jika sudah menemukan api ungunnya, kami yakin itu bisa menjadi penanda jalan rekan-rekan lainnya. Mari berproses, jaga niat, dan usaha untuk kemanusiaan…

sekedar berbagi hal kecil, kita tidak pernah tahu hal kecil apa yang nanti bisa menjadikan alasan kita u diterima di surgaNya, demikian juga sebaliknya kita tidak pernah tahu hal terkecil apa yang bisa jadi pemberat kita nanti disana. Jadi selalu harus berbuat kebaikan sekecil apapun…

salam perjuangan dan terima kasih para Volunteer diData Ranger, Data Scientist, Apps Engineer, Mobile Designer, Communication, & Public Health untuk bergabung dalam inisiasi ini.