10 tips untuk mahasiswa baru UGM : Menjadi Mahasiswa se-Universitas

Sebentar lagi gelombang mahasiswa baru di UGM akan berdatangan. selamat bagi yang telah diterima dan selamat berjuang yang masih mengusahakan melalui jalur lain (yang masih available), semoga mendapatkan pilihan terbaik dalam menapaki kehidupan kampus.

Menjadi mahasiswa UGM tentu kebanggaan tersendiri, apalagi diterima di Prodi yang ketat antara pendaftar dan yang diterima. Diterima sebagai mahasiswa di kampus yang kuat karakter dan memiliki jalur prospek yang challeng-ing di masa depan.

Terlepas dari hiruk pikuk mahasiswa baru ini, ada yang mengelitik setiap melihat mahasiswa di kampus ini. Ketika menjadi mahasiswa, maka rekan-rekan ini akan melebur dalam komunitas universitas multi fakultas, multi departemen, dan multi prodi. aktivitas-aktivitas di naungi di level universitas dengan berbagai UKM. Dan tak kalah ramai di level fakultas sampai prodi pun dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan berbasis himpunan mahasiswa.

Semakin mahasiswa tengelam dengan aktivitas kampus, maka semakin dia mendalami keilmuan yang diambil, dan tampaknya berbanding lurus dengan tingkat sosialisasi dan lingkungan interaksinya. Sering kali saya lihat, mereka semakin memiliki dunia yang menyempit, kalau tidak se-fakultas, se-departemen, se-prodi bahkan akhirnya hanya se-kos nya. Pada titik ini, hilanglah level kebersamaan dan kekuatan sebagai satu universitas. Teman-teman mahasiswa akhirnya di nina bobokan dengan mengaktifkan kegiatannya sendiri untuk unggul dengan yang lain. Bagus, ada kompetisi tapi melupakan satu hal…kolaborasi.

berbeda dengan dunia SMA/SMK, kampus menawarkan lingkungan tanpa batas untuk berinteraksi. sekat antar fakultas, departemen hanya sebatas akademik. tapi untuk pengembangan diri perlu dimanfaatkan sedemikian rupa agar bisa bermanfaat bagi masa depan mahasiswa nantinya.

saya ada sedikitnya 10 hal yang direkomendasikan bisa dilakukan mahasiswa baru untuk melebarkan interaksi sosialnya, dan membangun kolaborasi sejak hari-1 di UGM

  1. Hilangkan aspek kedaerahan, kesamaan asal sma, dan lainnya. Sadari status baru yang disandang saat ini, sama-sama GAMADA.
  2. Rekan disebelah anda ketika masa orientasi (apapun namanya) adalah partner, titik network, dan kolaborator anda minimal selama anda menempuh pendidikan di UGM. Catat no HP dan alamat (email or fisiknya), ingat namanya.
  3. Ingat lokasi Fakultas anda, tapi selalu ingat play-ground anda adalah dari Teknik ke Filsafat, dari Vokasi ke Kehutanan, dan seluas bulaksumur.
  4. Tidak usah melihat merk baju, sepatu, arloji disebelah anda, tapi lihat kita sama-sama memakai jaket almamter (hijau lumut…?)
  5. Kita terkenal sebagai kampus ndeso dan kerakyatan, bangga lah dengan hal itu, tapi cara berfikir kita dan terobosan kita penuh inovasi.
  6. Tidak perlu terlalu bangga alumni kita ada yang jadi Presiden sd macam-macam, banggalah dengan diri sendiri untuk menciptakan jalur masa depan ala anak muda saat ini.
  7. Nama Fakultas/Departemen boleh moncer, tapi ingat yang harum namanya adalah ketika kita bisa berkontribusi untuk kebaikan manusia dan bermanfaat.
  8. Ilmu tidak sebatas di Fakultas kita, jadikan masa kuliah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman dari sumber keilmuan yang buanyak sekali di UGM.
  9. Saat ini kunci sukses adalah bekerjasama, jadikan masa menjadi mahasiswa ini ajang trial-eror untuk belajar dan menjalin kerjasama, siapa tahu teman anda makan angkringan saat ini adalah partner di perusahaan milik anda sendiri di masa depan
  10. Mahasiswa tidak sendiri dikampus, kami dosen, staf adalah teman dan partner kalian dalam menjalani kehidupan kampus. Mari jalin persaudaraan yang erat, boleh kok main PES, Dota, CS atau sejenisnya , jamming band dengan kami…

akhirnya selamat bergabung di UGM dan semoga wajah-wajah ceria penuh optimisme selalu ada di hari 1 sampai kelulusan di masa depan.